GUMBOHATCH® INSIGHTS #9

Beranda Pengetahuan GUMBOHATCH® INSIGHTS #9

Mengendalikan penyakit Gumboro, apakah yang saya lakukan sudah cukup? - Bagian 2


Penyakit Infeksi Bursal (IBD) merupakan salah satu ancaman kesehatan utama untuk industri unggas, terutama karena imunosupresi parah yang disebabkan oleh virus (IBDV) pada unggas yang terdampak.

IBD membutuhkan diagnosis cepat untuk reaksi cepat jika terjadi wabah. Dengan demikian, alat molekuler seperti PCR dan sekuensing menjadi sangat diperlukan untuk mengendalikan penyakit.

Untuk alasan ini, HIPRA menawarkan program diagnosis molekuler untuk IBD, yang dikenal sebagai "GUMBOCHECK".

GUMBOCHECK

GUMBOCHECK adalah paket diagnostik, yang mencakup kartu FTA, formulir untuk mengkompilasi data sampel hewan dan panduan singkat yang menunjukkan cara melakukan pengambilan sampel yang baik untuk mendapatkan hasil yang andal.

Tujuan utama GUMBOCHECK adalah mengevaluasi kolonisasi bursa Fabricius oleh virus vaksin, untuk evaluasi efektivitas vaksinasi. Namun, ini juga dapat digunakan sebagai alat diagnostik dalam kasus infeksi lapangan IBD.

Untuk mencapai hal ini, disarankan untuk melakukan evaluasi pada waktu yang berbeda selama masa pemeliharaan ayam. Dianjurkan untuk dilakukan pada usia 21, 28 dan 35 hari. Namun demikian, ketika kolonisasi bursa oleh HIPRA 1052 (strain GUMBOHATCH®) dikonfirmasi, titik pengambilan sampel berikutnya dapat dilewati.


GUMBOCHECK STEPS

 

1. SAMPEL

Pengambilan sampel IBD dilakukan dengan kartu FTA. Apa itu kartu FTA dan bagaimana cara kerjanya?

  •  Kartu FTA adalah selembar kertas dengan matriks selulosa yang dirancang untuk menangkap sel di dalam sampel biologis.

  • Setelah penangkapan sel ini, membran sel pecah (juga dinding bakteri atau kapsid virus), yang memfasilitasi kestabilan materi genetik pada suhu kamar untuk waktu yang lama.

  • Karena pecahnya membran ini, sampel biologis yang diinokulasi dalam kartu FTA dianggap sebagai zat tidak menular, karena patogen tidak aktif.

  • Kartu FTA memfasilitasi pengiriman dan penyimpanan sampel biologis.

  • Setelah kartu FTA tiba di laboratorium, materi genetik dengan mudah diekstraksi untuk melakukan PCR.

Ada beberapa poin penting yang harus kita pertimbangkan saat menggunakan kartu FTA®:

  • Ada berbagai jenis kartu FTA®: tidak semuanya berfungsi dengan baik atau memberikan hasil yang sama. Untuk alasan ini, HIPRA hanya merekomendasikan penggunaan kartu FTA yang disediakan dalam paket GUMBOCHECK.

  • Jangan menggunakan kartu FTA® yang kadaluwarsa: kartu FTA® yang kadaluwarsa dapat memberikan hasil negatif palsu, jadi penting untuk melihat tanggal kedaluwarsa pada label.

  • Penerapan sampel yang tepat: sampel tidak boleh diterapkan di luar lingkaran untuk menjamin inaktivasi yang benar dari patogen.

  • Jumlah sampel yang tepat: Kartu GUMBOCHECK FTA® memiliki empat area tempat sampel harus diterapkan. Setiap area pada kartu memiliki kapasitas dua ayam, yang berarti kapasitas total delapan ayam untuk setiap kartu FTA® / hari pengambilan sampel.

  • Waktu yang cukup: semua reaksi memerlukan beberapa saat setelah inokulasi untuk memecahkan membran dan mengawetkan materi genetik (minimal 1 jam pada suhu kamar).

 

2. PCR

PCR adalah teknik diagnostik molekuler dengan tujuan memperkuat genom yang ada dalam sampel. Dalam kasus virus IBD, gen yang diamplifikasi adalah VP2, karena ini adalah protein yang paling imunogenik, yang terletak di permukaan virus.

Bagaimana cara kerja PCR?

  • Teknik ini menghasilkan jutaan salinan gen tertentu untuk dapat mendeteksi virus dalam jumlah yang sangat kecil. Ini memungkinkan memiliki amplifikasi eksponensial dari jumlah awal virus yang ada dalam sampel.

  • Laporan diagnostik menunjukkan parameter yang dikenal sebagai nilai Ct, yaitu jumlah siklus yang diperlukan sampel untuk dideteksi sebagai positif. Misalnya, jika nilai Ct yang ditampilkan adalah 32, berarti sampel tersebut memerlukan 32 siklus PCR agar dapat dideteksi sebagai positif.

    *Nilai Ct berbanding terbalik dengan jumlah materi genetik yang ada dalam sampel.

 

3. PENGENALAN VIRUS

Setelah sampel positif terdeteksi dengan PCR, pengenalan virus dilakukan untuk mengetahui jenis virus yang ada dalam sampel, atau lebih tepatnya, untuk mengetahui apakah itu strain vaksin atau strain lapangan. Pengenalan ini dilakukan dengan pengurutan.

Virus IBD dapat diklasifikasikan berdasarkan antigenisitas tetapi juga berhubungan patogenisitas. Apalagi virus ini terus berkembang karena mutasi atau kombinasi kejadian. Untuk alasan ini pada 2017 Jackwood mengusulkan agar semua virus yang beredar di seluruh dunia dapat diklasifikasikan menjadi tujuh genogroup berbeda, menjadi genogroup 1, 2 dan 3 yang lebih umum.

  • Genogroup 1 mewakili semua yang diklasifikasikan sebagai strain klasik.

  • Genogroup 2 mewakili semua virus yang dikenal sebagai strain varian.

  • Genogroup 3 mewakili strain yang sangat ganas.

  • Semua virus lain yang tidak termasuk dalam salah satu dari tiga genogroup ini diklasifikasikan ke dalam kelompok dari 4 hingga 7 tergantung pada karakteristik molekuler dari virus.

Program GUMBOCHECK menawarkan dua laporan berbeda:

1. Tabel dengan persentase kemiripan nukleotida dibandingkan dengan strain yang direferensikan pada setiap genogroup, untuk mengetahui virus jenis apa yang ada dalam sampel dan dalam genogroup apa yang dimiliki.

2. Pohon filogenetik, cara grafis untuk melihat hubungan genetik di antara semua galur yang berbeda.

  • Pohon filogenetik disusun oleh cabang atau kelompok yang berbeda. Masing-masing cabang termasuk dalam satu genogroup tertentu, jadi langkah pertama adalah melihat di cabang mana lokasi sampel strain.

  • Setelah mengetahui genogroup dari strain sampel, kesamaan dari virus yang berbeda dapat dibandingkan dengan melihat jarak horizontal pohon. Oleh karena itu, semakin panjang garis horizontal maka semakin besar jarak genetik antara dua strain tertentu.

 


© Laboratorios Hipra, S.A. All Rights Reserved.
No part of these contents may be reproduced, copied, modified or adapted, without the prior written consent of HIPRA.

The contents of this page are country specific and aimed specifically at prescribing veterinarians.

This product is not available in {{ preferredCountry.title }}.

You will be redirected to our global site. Click on continue to visit our global site (available in English).

Confirm that you are a veterinary professional:

This product is not available in {{ countrySelect.title }}.

You will be redirected to our global site. Click on continue to visit our global site (available in English).

  • I am a veterinarian (otherwise please contact a veterinary professional)

Select your country:

Country {{countrySelect.title}}
  • Global (available in English)
  • {{country.title}}